Jumat, 09 November 2012

Yang menyusui Muhammad


Yang menyusui Nabi Muhammad SAW

1.      Ibunya sendiri yaitu Siti Aminah bin wahab
2.      Su’aibah Al-Aslamiyah yaitu budaknya Abu Lahab (Paman nabi Muhammad SAW) yang telah dimerdekakan Abu Lahab karena ia merasa gembira atas kelahiran Muhammad.
3.      Khalimatus Sa’diyyah


Semula Khalimah tidak mau karena Muhammad adalah anak yatim dan dari golongan keluarga yang sederhana, Dia mau menyusui Muhammad karena tidak ada bayi lain lagi. Pada waktu itu yang bekerja menyusui bayi semua tidak mau menyusi Muhammad.
Sudah menjadi adat kebiasaaan orang-orang Mekka terutama orang-irang bangsawan untuk menyusukan dan menitipkan bayi-bayi mereka kewanita Badiyah (Orang dusun yang berada dipadang pasir) dengan tujuan agar bayi-bayi itu dapat menghirup udara yang segar dan terhindar dari penyakit-penyakit kotor serta supaya bisa berbicara bahasa yang murni dengan fasih.
      Nabi Muhammad SAW dititipkan ke Khalimah selama kurang lebih 5 tahun.
Perkembangan Nabi Muhammafd SAW tidak seperti bayi-bayi yang lain.
Satu hari seperti 1 bulan, berdiri tegak umur 3 bulan, sedang berjalan umur 5 bulan dan berbicara lancer umur 9 bulan.
      Selama disusui dan diasuh Khalimah, terdapat beberapa kejadian yang aneh, antara lain :
1.      Halimah berkata “ saat aku menjemputnya, ia (Muhammad) sedanga mengenakan pakaian Wol yang lebih putih dari pada susu, bau wangi minyak misik menebar darinya. Dibawahnya terdapat kain sutera hijau dan ia sedang terbaring di punggungnya dalam suatu tidur yang sangat nyenyak. Dengan hati-hati aku mendekatinya dan menaruh tanganku didadanya, iapun tersenyum dan membuka kedua matanya, dan dari kedua matanya muncul suatu cahaya yang terpancar hingga kelangit”.
2.      Keberkahan yang liuar biasa yang diperoleh Khalimah setelah datangnya Muhammad, yaitu :
·         Hewan ternak yang tadinya kurus-kurus, kecil dan kering susunya menjadi gemuk, segar dan banyak air susunya.
·         Tanaman yang tadinya layu/ mongering menjadi semi dan berbuah melimpah.
3.      Paman Nabi/ Al-Abbas R.A berkata :
“Wahai rosulullah yang membuat aku masuk dalam agamamu karena aku menyaksikan salah satu tanda-tanda kenabianmu, aku melihatmu dalam tempat tidur bayimu, ketika kamu masih kecil sedang bercakap-cakap dengan lembut pada bulan dan menunjuknya dengan jarimu, dan bulan itu bergerak dilangit kearah manapun kamu menunjuknya.
Muhammad bersabda :
“saat itu aku memang bercakap-cakap dengannya dan iapun berbicara kepadaku, mengalihkan perhatianku agar aku tidak menangis dan aku dapat mendengar suara sujudnya dibawah Arsy.
4.      Ibnu Abbas R.A mengatakan bahwa Khalimah meriwayatkan ketika ia pertama kali membawa Muhammad, Muhammad berbicara awal do’a Iftitah.
5.      Muhammad SAW tidak pernah menangis kecuali dalam keadaan telanjang
6.      Ibnu Abbas R.A berkata bahwa Al-Shayma’na yaitu saudara tiri perempuan Nabi menyaksikan bahwa beliau dinaungi suatu awan, dan awan itu berhenti ketika Muhammad berhenti dan awan itu bergerak dimana Muhammad bergerak.

Tidak ada komentar: